Agar mudah mengurus Ijin Klinik

Ijin Klinik Kesehatan adalah ijin yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan dalam upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ijin klinik saat ini dikelompokkan dalam 2 macam jenis yaitu Ijin klinik Pratama dan ijin kliik Utama. Pengurusan ijin ini pelu waktu lama karena persyaratannya banyak dan cukup rumit. Misalnya di klinik tersebut harus mempunyai dokter yang telah mempunyai SIP, terkadang pengurusan SIP dokter sendiri rumit. Hal ini disebabkan dokter luar daerah yang akan praktek di daerah lain perlu persetujuan dari IDI dan mungkin otoritas setempat. Prosedur pengurusan ijin klinik adalah terlebih dahulu pemohon mengajukan surat permohonan ke yaitu PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) di kantor kecamatan atau PTSP Kotamadya. Setelah semua berkas permohonan dinyatakan lengkap oleh petugas PTSP, maka akan di lakukan peninjauan lapangan oleh team. Peninjauan ini dimaksudkan untuk mengetahui dan klarifikasi apakah permohonan yang diajukan sesuai dengan dokumen yang diajukan, apakah secara real klinik yang dimaksud ada dan lain sebagainya.
Dalam peinnjauan itu berita acara dibuat dan ditandatangai oleh petugas dan klinik. Dalam berita acara tersebut memuat daftar cek list, beberapa catatan perbaikan kalau ada.
Berdasarkan Berita Acara tersebut team bisa merekomendasikan apakah ijin klinik di setujui atau tidak. Jangka waktu persetujuan ijin klinik (kalau beriata acara sudah didapat) biasanya sekitar 14 hari kerja.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar